Rockstar Uncut

Tips & Trik Invetasi Saham

Apa Itu Obligasi Kota? Ketahui Manfaat & Risikonya

Obligasi daerah alias munis mungkin tidak muncul di benak investor setiap hari. Tapi ikatan muni bekerja di sekitar kita, menyediakan dana untuk membangun jalan, jembatan, taman, sekolah, dan lain-lain. Banyak proyek infrastruktur di Amerika Serikat didanai oleh obligasi muni.

Obligasi muni yang diuntungkan pajak mungkin menarik bagi banyak investor, dan obligasi muni secara umum dapat menjadi alat yang berharga untuk strategi portofolio jangka panjang, menurut Roza Shamailov, manajer senior, perdagangan pendapatan tetap dan sindikat di TD Ameritrade. Investor juga harus menyadari beberapa peringatan dan risiko obligasi muni. Mari kita lihat beberapa petunjuk obligasi muni untuk investor.

Apa Itu Obligasi Muni?

Obligasi muni adalah kewajiban utang berbunga yang dijual oleh negara bagian, kabupaten, kota, atau lembaga atau otoritas pemerintah lainnya untuk secara potensial membiayai proyek modal publik. Selain sekolah, jalan, dan jembatan, proyek ini mungkin termasuk rumah sakit, penjara, stadion, dan perumahan berpenghasilan rendah.

Serupa dengan Treasury dan jenis obligasi lainnya, munis adalah surat utang. Mereka diperdagangkan di pasar obligasi. Pokok atau investasi awal telah ditentukan sebelumnya, bersama dengan tingkat pengembalian yang dikenal sebagai hasil dan kedaluwarsa yang dikenal sebagai jatuh tempo. Munis adalah sekuritas pendapatan tetap, yang berarti investor mengharapkan untuk menerima pembayaran bunga berkala (biasanya setiap enam bulan) dengan jumlah yang konsisten sampai obligasi jatuh tempo. Ada dua jenis utama obligasi daerah: obligasi obligasi umum dan obligasi pendapatan. Obligasi kewajiban umum dibayar kembali melalui kekuatan pajak dari negara bagian atau pemerintah lokal. Sebuah obligasi pendapatan dibayar kembali melalui kemampuan proyek untuk meningkatkan pendapatan dan melunasi utang.

Baca Juga:  Strategi Trading - Investor Cerdas Selalu Memiliki Rencana

Seberapa Besar Pasar Obligasi Muni?

Dalam dolar, pasar obligasi muni adalah relatif pipsqueak dibandingkan dengan Treasury dan rekan-rekan korporatnya, tetapi angka muni tidak ada artinya. Pada tahun 2021, pasar obligasi muni AS memiliki nilai total $3,9 triliun, menurut Bloomberg.

Sebagai perbandingan, SIFMA melaporkan bahwa pada Q3 2021, pasar utang korporasi mencapai $10 triliun.

Apa Hasil Obligasi Muni, dan Bagaimana Kinerja Pasar?

Tingkat obligasi Muni bervariasi tergantung pada sejumlah faktor seperti jatuh tempo dan kelayakan kredit dari entitas yang menjual obligasi. Penerbit obligasi muni yang paling layak kredit mereka yang memiliki risiko gagal bayar terendah membayar suku bunga yang lebih rendah daripada yang kurang layak kredit, yang membawa risiko gagal bayar yang lebih besar. Obligasi muni berperingkat AAA peringkat tertinggi yang mungkin membayar harga yang lebih rendah daripada muni berperingkat A, semuanya sama.

Adapun pengembalian, obligasi muni dalam beberapa tahun terakhir memiliki kinerja yang solid, jika tidak spektakuler, dalam skema pasar yang lebih luas. Dari 2011 hingga 2021, Indeks Obligasi Kota S&P, yang mencerminkan kinerja lebih dari 200.000 obligasi, telah membukukan pengembalian rata-rata per tahun sekitar 3,7%, tidak termasuk pengembalian yang disesuaikan dengan pajak. Indeks Obligasi Korporasi Tingkat Investasi S&P 500® tumbuh 4,29%. Investor harus mempertimbangkan perubahan suku bunga dan risiko sebelum berinvestasi.

Baca Juga:  Tips Terbaik Memilih Broker Forex

Apa Manfaat Pajak dari Obligasi Muni dan Implikasi Pajak Lainnya Dari Obligasi Muni?

Bunga yang diperoleh dari obligasi korporasi atau Treasury tunduk pada pajak penghasilan Federal, tetapi itu tidak berlaku untuk sebagian besar obligasi muni. Bagi investor, “keuntungan utama berinvestasi di obligasi daerah adalah mendapatkan bunga yang umumnya dibebaskan dari pajak pendapatan Federal. Ini juga dapat dibebaskan dari pajak penghasilan negara jika penerbitnya berada di negara bagian asal Anda,” kata Shamailov.

Ketika membandingkan obligasi daerah dengan investasi lain, Shamailov menyarankan investor mempertimbangkan “hasil setara kena pajak,” juga disebut hasil setelah pajak.

Hasil setelah pajak memperhitungkan konsekuensi pajak yang menimbulkan pendapatan biasa, dan karena bunga pada sebagian besar obligasi daerah dikecualikan dari pajak pendapatan federal, penghematan pajak kepada investor bervariasi tergantung pada braket pajak investor dan hasil obligasi.

Misalnya, seorang investor dalam kelompok pajak federal 37% yang mempertimbangkan obligasi muni dengan hasil 2% harus mendapatkan 3,08% dari investasi kena pajak untuk menyamakan dengan 2% investasi muni.

Dalam contoh ini, hasil ekuivalen kena pajak “sedang diperhitungkan hanya dengan menggunakan pembebasan pajak pendapatan federal,” kata Shamailov. “Pengecualian negara bagian dan lokal akan mendorong hasil setara kena pajak di kotamadya lebih tinggi, yang akan meningkatkan daya tarik bagi investor dalam kurung pajak yang lebih rendah.”

Baca Juga:  Mengenal Bagaimana Indikator Bekerja Untuk Trader

Dengan kata lain, obligasi muni bukanlah makan siang gratis. Investor harus memahami implikasi pajak potensial sebelum mereka terjun ke pasar muni.

TD Ameritrade tidak memberikan nasihat pajak. Kami menyarankan Anda berkonsultasi dengan profesional perencanaan pajak sehubungan dengan keadaan pribadi Anda.

Apa Resiko Berinvestasi di Obligasi Muni?

Salah satu risiko dalam obligasi muni adalah default penerbit seperti jika kota atau badan pemerintah lainnya menyatakan pailit atau tidak dapat membayar utangnya. Itu adalah kejadian yang relatif jarang terjadi di pasar obligasi muni.

Related Posts